19 April 2013

Tips Menjadi Pengusaha Sukses


Tips Menjadi Pengusaha Sukses

            Modal utama menjadi pengusaha bukan modal besar, tapi tidak boleh cengeng, kerja keras dan kerja cerdas. Berikut adalah tips dari 6 orang yang sangat menginspiratif, yaitu pengusaha sukses seperti Chairul Tanjung, tentu siapa yang tidak mengenal sosok pengusaha sukses ini? pemilik salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia ini menyatakan bahwa salah satu kata kunci kesuksesannya adalah “bisnis yang bermanfaat” ia mengatakan bahwa semua yang ia raih saat ini adalah buah dari pengalaman puluhan tahun menjadi pengusaha. Ia mengaku bahwa ia sudah terbiasa bekerja lebih dari orang lain. pengusaha besar ini adalah sosok pekerja keras, selain itu ia juga mempunyai kemampuan manajerial yang baik dan strategi dagang yang cerdas. Pengusaha karismatik ini selalu berpikir bahwa apa-apa bisnis yang dilakoninya tidak hanya memberikan manfaat untuk dirinya sendiri, tetapi juga harus memberika manfaat terhadap orang-orang di sekelilingnya.
Adapun tips menjadi pengusaha sukses dari Jackie Ambadar adalah “kenali potensi diri”. Ia menganggap bahwa prinsip semua orang sebenarnya mampu melakukan apapun, tergantung usaha dari setiap orang tersebut. Orang yang dominan, biasanya kreatif, suka kebebasan, sengan kerja sendiri dan umumnya introver. Usaha yang biasanya cocok untuk produksi, rumah makan, kerajinan, peternakan, percetakan dan seagainya. Sedang Orang yang popularian menurutnya adalah yang ekstrover, mudah bergaul dan pandai bicara, biasanya memilih usaha pemasaran, konsultan, pendidikan dan perdagangan. Selanjutnya, orang yang tenang, biasanya tenang dan telaten, untuk kelompok ini biasanya yang cocok usaha biro jasa, salon, bengkel, properti.
Sementara menurut Naomi Susan, menjadi seorang pengusaha sukses itu “Jangan kaku”. Sikap yang harus dilakukan seorang pengusaha adalah jangan kaku dan harus fleksibel. Mengikuti perkembangan jaman dan tren yang ada.
Pun pengusaha lainnya seperti Ciputra menjadikan “Be better or Different” menjadi kata kunci kesuksesannya. Ia beranggapan bahwa selama ini orang yang gagal adalah orang yang tidak bisa melihat peluang secara kreatif. Orang-orang tersebut hanya meng-copy keberhasilan orang lain tanpa menambahkan nilai-nilai kreatifitas produknya.
Rubiyah mengatakan bahwa “competitor adalah mitra” menjadi tips suksesnya. menurutnya, competitor adalah tantangan bukan ancaman. Competitor bisa menjadi mitra.
Sementara Hamzah Mirota menyatakan bahwa tips kesuksesannya adalah dengan bersikap “adil kepada karyawan”. Ia menganggap bahwa hal ini yang membuat karyawan nyaman dan mereka bekerja dengan efektif sehingga Hamzah Mirota mengakui bahwa hal ini juga dapat membuat kemajuan pada bisnisnya, ia selalu mengutamakan kesejahteraan para karyawannya. Seperti halnya seorang karyawan yang dengan golongan paling kecil sekalipun ia angkat dan tidak membedakan satu karyawan dengan karyawan lainnya.
“Nasehat bisnis ini perlu di pikirkan baik-baik, be better not behind, if you are not better be different”
Majalah sharing edisi 41 Thn IV Mei 2010













0 komentar: